Search Advertising & Online Advertising

Nama : Monica Cindy Amanda 
Nim : 222010200104 
Kelas : Manajemen 4-B1


Iklan Pencarian/ Search Advertising, juga dikenal sebagai pemasaran mesin pencari, yaitu bentuk periklanan online yang melibatkan penempatan iklan di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.
 
Online advertising /Periklanan Online adalah Periklanan online yang mencakup iklan pada halaman hasil mesin pencari iklan yang ditempatkan di email dan di jejaring sosial, dan cara-cara lain yang digunakan pengiklan untuk menggunakan Internet. 

TUJUAN IKLAN 

Pada awalnya iklan tampilan online hanya gambar yang menyertakan gambar hyperlink sederhana yang ditampilkan disitus web dan kemudian berkembang menjadi video, suara, dan animasi . 

Tujuan utama iklan biasanya adalah : 
  1. Untuk meningkatkan penjualan. 
  2. Untuk membangun kesadaran merek. 
  3. Meningkatkan pangsa suara di pasar. 
  4. Menjangkau pelanggan baru.
  5. Menciptakan permintaan konsumen.


JENIS JENIS TAMPILAN IKLAN 

  1. spanduk di sela-sela iklan : suatu strategi yang digunakan dalam pengelolaan iklan di media massa seperti youtube dengan penayangan iklan yang beragam dan menentukan waktu tayang yang tepat. 
  2. iklan mengambang : muncul di atas konten dan dapat ditutup oleh pengguna.Biasanya, iklan mengambang berakhir dengan menghilang menjadi iklan banner pada halaman.
  3. iklan walpaper : Iklan ini mengubah latar belakang halaman web yang sedang dilihat. Biasanya,iklan ini tidak dapat diklik. Efek dari iklan ini sulit untuk diukur karena tidak ada klik-tayang, dan tujuan utamanya adalah pencitraan merek sebagai halaman yang diiklankan akan terlihat secara konsisten. 
  4. iklan peta : iklan yang ditempatkan dalam solusi pemetaan online yang tersedia, seperti Google Maps 
  5. iklan banner : iklan ini merupakan gambar grafis atau animasi yang ditampilkan disitus web untuk tujuan periklanan. spanduk tidak terbatas pada ruang yang mereka tempati, beberapa spanduk juga dapat melebar saat digerakkan dengan mouse atau saat di klil. 
  6. iklan pop-up : pop-up adalah jenis iklan yang muncul secara tiba-tiba di layar komputer atau perangkat lain. contohnya iklan pop-up yang muncul saat membuka shopee 

MODEL PEMBAYARAN IKLAN 

  1. Cost Per Mille (CPM) : yaitu biaya per seribu tayangan. CPM adalah model biaya iklan di mana pengiklan membayar setiap kali iklan muncul di halaman penerbit.
  2. Cost Per Acquisition (CPA) : Pengiklan hanya membayar ketika iklan menghasilkan akuisisi. Definisi akuisisi dapat berbeda dari situs ke situs dan kampanye ke kampanye, seperti pengguna mengisi formulir, mengunduh file, atau membeli produk.
  3. Biaya Per Klik (BPK)Berarti pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik oleh pihak yang berkepentingan, terlepas dari berapa kali itu dilihat.
  4. Tarif TetapBiaya yang tetap per bulan, tidak tergantung pada jumlah lalu lintas atau tayangan. Hal ini menarik bagi pembeli media yang ingin menguji online dan menargetkan pasar khusus dengan biaya yang stabil. 
  5. SponsorshipBerarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tertentu, seperti iklan eksklusif di semua halaman, slot tertentu halaman, buletin, atau bagian tertentu. Sponsorship sering kali sulit diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. 
  6. Biaya Per Inteaksi : Adalah model pembayaran iklan di mana pengiklan membayar berdasarkan interaksi pengguna dengan iklan, biasanya ditempatkan di video atau aplikasi seperti aplikasi Facebook


JARINGAN PERIKLANAN 

Kelompok situs web yang memungkinkan pengiklan untuk membeli iklan melalui satu entitas penjualan. Jaringan periklanan berfungsi sebagai perantara antara pengiklan dan penerbit, serta menyediakan solusi teknologi untuk keduanya.

Fungsi utamanya adalah:

  1. Menyediakan server iklan terpusat yang dapat menayangkan iklan ke sejumlah situs web.
  2. Menawarkan pelacakan dan pelaporan, serta penargetan.
  3. Mengkategorikan situs-situs berdasarkan saluran, sehingga pengiklan membayar untuk beriklan di saluran tertentu, bukan di situs individu.

SERVER IKLAN, FUNGSI 

  1. Server Iklan

Server yang menyimpan iklan dan menayangkan mereka ke halaman web. Server iklan dapat beroperasi secara lokal, dijalankan oleh penerbit untuk menayangkan iklan ke situs web di domain penayang, atau dapat berupa server iklan pihak ketiga yang menayangkan iklan ke halaman web di domain mana pun

Fungsi server iklan

  1. Menyimpan iklan:
  2. Menayangkan iklan:
  3. Memfasilitasi perdagangan iklan
  4. Menyediakan laporan

MENAWARKAN DAN MENARGETKAN IKLAN

Server iklan dapat menawarkan pengiklan berbagai kemampuan, seperti:

  1. Pembatasan Frekuensi
  2. Pengurutan
  3. Eksklusivitas
  4. Penghalang

Server iklan juga dapat menargetkan iklan berdasarkan aturan bisnis dari pengiklan atau berdasarkan profil pengguna, seperti:

  1. Penargetan Geografis
  2. Jenis Jaringan / Peramban
  3. Hari dan Waktu
  4. Penayangan Sosial
  5. Penargetan Perilaku
  6. Iklan Kontekstual


KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN IKLAN ONLINE 

KEUNTUNGAN :

·       Jangkauan yang Luas dan Terukur

·       Biaya yang Efisien dan Fleksibel

·       Penargetan yang Tepat dan Personal

·       Pelacakan dan Pengukuran yang Akurat

KEKURANGAN :

·       Persaingan Tinggi

·       Penipuan dan Klik Palsu

·       Kesulitan Pengukuran Efektivitas

·       Privasi Data dan Masalah Keamanan


~TERIMAKASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini