Search Advertising & Online Advertising
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
TUJUAN IKLAN
- Untuk meningkatkan penjualan.
- Untuk membangun kesadaran merek.
- Meningkatkan pangsa suara di pasar.
- Menjangkau pelanggan baru.
- Menciptakan permintaan konsumen.
JENIS JENIS TAMPILAN IKLAN
- spanduk di sela-sela iklan : suatu strategi yang digunakan dalam pengelolaan iklan di media massa seperti youtube dengan penayangan iklan yang beragam dan menentukan waktu tayang yang tepat.
- iklan mengambang : muncul di atas konten dan dapat ditutup oleh pengguna.Biasanya, iklan mengambang berakhir dengan menghilang menjadi iklan banner pada halaman.
- iklan walpaper : Iklan ini mengubah latar belakang halaman web yang sedang dilihat. Biasanya,iklan ini tidak dapat diklik. Efek dari iklan ini sulit untuk diukur karena tidak ada klik-tayang, dan tujuan utamanya adalah pencitraan merek sebagai halaman yang diiklankan akan terlihat secara konsisten.
- iklan peta : iklan yang ditempatkan dalam solusi pemetaan online yang tersedia, seperti Google Maps
- iklan banner : iklan ini merupakan gambar grafis atau animasi yang ditampilkan disitus web untuk tujuan periklanan. spanduk tidak terbatas pada ruang yang mereka tempati, beberapa spanduk juga dapat melebar saat digerakkan dengan mouse atau saat di klil.
- iklan pop-up : pop-up adalah jenis iklan yang muncul secara tiba-tiba di layar komputer atau perangkat lain. contohnya iklan pop-up yang muncul saat membuka shopee
MODEL PEMBAYARAN IKLAN
- Cost Per Mille (CPM) : yaitu biaya per seribu tayangan. CPM adalah model biaya iklan di mana pengiklan membayar setiap kali iklan muncul di halaman penerbit.
- Cost Per Acquisition (CPA) : Pengiklan hanya membayar ketika iklan menghasilkan akuisisi. Definisi akuisisi dapat berbeda dari situs ke situs dan kampanye ke kampanye, seperti pengguna mengisi formulir, mengunduh file, atau membeli produk.
- Biaya Per Klik (BPK) : Berarti pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik oleh pihak yang berkepentingan, terlepas dari berapa kali itu dilihat.
- Tarif Tetap : Biaya yang tetap per bulan, tidak tergantung pada jumlah lalu lintas atau tayangan. Hal ini menarik bagi pembeli media yang ingin menguji online dan menargetkan pasar khusus dengan biaya yang stabil.
- Sponsorship : Berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tertentu, seperti iklan eksklusif di semua halaman, slot tertentu halaman, buletin, atau bagian tertentu. Sponsorship sering kali sulit diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek.
- Biaya Per Inteaksi : Adalah model
pembayaran iklan di mana pengiklan membayar berdasarkan interaksi pengguna
dengan iklan, biasanya ditempatkan di video atau aplikasi seperti aplikasi
Facebook
JARINGAN PERIKLANAN
Kelompok situs
web yang memungkinkan pengiklan untuk membeli iklan melalui satu entitas
penjualan. Jaringan periklanan berfungsi sebagai perantara antara pengiklan dan
penerbit, serta menyediakan solusi teknologi untuk keduanya.
Fungsi utamanya
adalah:
- Menyediakan server iklan terpusat
yang dapat menayangkan iklan ke sejumlah situs web.
- Menawarkan pelacakan dan pelaporan,
serta penargetan.
- Mengkategorikan situs-situs
berdasarkan saluran, sehingga pengiklan membayar untuk beriklan di saluran
tertentu, bukan di situs individu.
SERVER IKLAN, FUNGSI
- Server Iklan
Server yang
menyimpan iklan dan menayangkan mereka ke halaman web. Server iklan dapat
beroperasi secara lokal, dijalankan oleh penerbit untuk menayangkan iklan ke
situs web di domain penayang, atau dapat berupa server iklan pihak ketiga yang
menayangkan iklan ke halaman web di domain mana pun
Fungsi server
iklan
- Menyimpan iklan:
- Menayangkan iklan:
- Memfasilitasi perdagangan iklan
- Menyediakan laporan
MENAWARKAN DAN MENARGETKAN IKLAN
Server iklan
dapat menawarkan pengiklan berbagai kemampuan, seperti:
- Pembatasan Frekuensi
- Pengurutan
- Eksklusivitas
- Penghalang
Server iklan juga
dapat menargetkan iklan berdasarkan aturan bisnis dari pengiklan atau
berdasarkan profil pengguna, seperti:
- Penargetan Geografis
- Jenis Jaringan / Peramban
- Hari dan Waktu
- Penayangan Sosial
- Penargetan Perilaku
- Iklan Kontekstual
KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN IKLAN ONLINE
KEUNTUNGAN :
·
Jangkauan
yang Luas dan Terukur
·
Biaya
yang Efisien dan Fleksibel
·
Penargetan
yang Tepat dan Personal
·
Pelacakan
dan Pengukuran yang Akurat
KEKURANGAN :
·
Persaingan
Tinggi
·
Penipuan
dan Klik Palsu
·
Kesulitan
Pengukuran Efektivitas
· Privasi Data dan Masalah Keamanan
~TERIMAKASIH~
Komentar
Posting Komentar