Elemen Strategi Pemasaran Perusahaan, Strategi Digital Marketing, dan Digital Marketing Dalam Perspektif Islam

Nama : Monica Cincy Amanda 
Nim : 222010200104 
Kelas : Manajemen 4-B1

Elemen Strategi Pemasaran Perusahaan 

    Strategi Pemasaran merupakan panduan dan aturan yang akan dijalankan untuk tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. 

elemen strategi pemasaran perusahaan 




Strategi Produk. Pada dasarnya produk merupakan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Terdapat dua kategori produk yaitu berwujud. contohnya meja, kursi, laptop dan tidak berwujud seperti Jasa. 

Strategi Harga. Penetapan harga merupakan proses menentukan berapa nilai yang akan diterima perusahaan dalam penjualan produknya. Harga rendah umumnya akan menyebabkan jumlah penjualan meningkat sedangkan harga tinggi juga dapat menarik konsumen karena mengisyaratkan bahwa produk memiliki kualitas tinggi. Penetapan harga dipengaruhi oleh kebutuhan untuk tetap bertahan dalam pasar yang bersaing.

Strategi Distribusi / Tempat. Penentuan lokasi, sarana prasarana distribusi sangat penting. Karena agar memudahkan konsumen dalam menjangkau lokasi yang ada, serta mendistribusikan barang dan jasa perusahaan. Sarana prasarana harus memberikan rasa yang aman dan nyaman untuk konsumen.

Strategi Promosi. Promosi menjadi sarana terpenting untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Tujuannya adalah untuk menginformasikan, memposisikan produk, menambah nilai, dan mengendalikan jumlah penjualan. Ada beberapa sarana mempromosikan produk yaitu pengiklanan, sales, publitas, dan penjualan


Strategi Digital Marketing 

Strategi pemasaran digital 

Strategi pemasaran digital diperlukan untuk memberi arahan yang konsisten untuk kegiatan pemasaran online sebuah perusahaan. Sehingga mereka berintegrasi dengan kegiatan pemasaran digital lainnya dan mendukung tujuan bisnis secara keseluruhan.

Ada beberapa kesamaan antara pemasaran digital dengan pemasaran tradisional, yaitu

-          Melibatkan analisis lingkungan eksternal perusahaan, sumber daya internal, dan kemampuan untuk menginformasikan strategi.

-          Menentukan tujuan pemasaran digital yang mendukung tujuan pemasaran.

Menganalisis situasi pemasaran 

Pelanggan. Proposisi digital dan komunikasi harus berdasarkan pada pelanggan. Seperti apa karakteristik, perilaku, keinginan dan kebutuhan mereka. Jadi pemasar harus memulai dari pelanggan ketika menganalisis situasi.

Pasar.  Dalam digital marketing, analisis pasar sangat penting untuk membantu perusahaan memahami pasar yang dituju, mengidentifikasi peluang dan ancaman, serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Pesaing. menganalisis informasi tentang pesaing dalam industri yang sama dengan tujuan memahami kekuatan, kelemahan, strategi, dan taktik mereka. analisis kompetitor membantu perusahaan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman di pasar online, dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

Sosial Media. Menganalisis aktivitas yang terjadi di media sosial, trend yang saat ini ramai untuk memahami sejauh mana program digital marketing berhasil.


Implikasi hasil analisis digital marketing 

      Menentukan segmentasi pasar yang tepat

Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang berbeda dan menyesuaikan strategi digital marketing dengan preferensi dan kebutuhan mereka

      Meningkatkan targeting iklan

Perusahaan dapat menentukan taktik pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau target audiens mereka

      Meningkatkan personalisasi

Membantu perusahaan untuk memahami preferensi konsumen dan menciptakan pengalaman yang lebih personal dan relevan, yang dapat meningkatkan engagement dan loyalitas konsumen.

      Meningkatkan efisiensi pengeluaran

Perusahaan bisa menentukan anggaran yang lebih tepat dan efisien untuk mengoptimalkan pengeluaran.

      Meningkatkan penjualan

Data analitik dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan alur penjualan mereka

      Mengidentifikasi pasar dan pesaing

perusahaan dapat mengidentifikasi tren pasar dan perubahan perilaku konsumen, serta mengawasi persaingan dan menyesuaikan strategi mereka untuk tetap relevan dan kompetitif.

Implementasi strategi digital marketing 

-          Penetapan tujuan bisnis. Tentukan dengan jelas tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui digital marketing. Contoh, peningkatan penjualan dan dikenal luasnya brand kita

-          Pemahaman target audiens. Memahami karakteristik pelanggan, mencari tau siapa mereka, apa yang dicari, dan bagaimana berinteraksi dengan platform digital.

-          Pemilihan platform digital. Pilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik target audiens. Mencakup media sosial, search engine,, email, situs web, dan platform lainnya.

-          Mengoptimalkan situs Web. Memastikan situs web perusahaan sudah optimal untuk mesin pencari dan responsif terhadap perangkat seluler.

-          Konten berkualitas. buat konten berkualitas tinggi dan relevan untuk target konsumen.. Dapat berupa artikel blog, video, infografis, atau konten interaktif lainnya.

-          Media Sosial Marketing. Rancang strategi media sosial yang mencakup platform yang paling relevan dengan konsumen. Jadwalkan dan bagikan konten secara teratur untuk membangun keterlibatan dan interaksi.

-          Email Marketing. Gunakan email marketing untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan

-          Pemantauan dan penyesuaian. Terus pantau perkembangan konten dan respons audiens. Lakukan penyesuaian dan optimalkan strategi berdasarkan analisis data dan perubahan tren.

-          Keamanan dan privasi data. Prioritaskan keamanan informasi dan privasi data pelanggan. Pastikan bahwa implementasi digital marketing mematuhi standar keamanan dan regulasi privasi.

-          Pelatihan dan pengembangan tim. Pastikan tim terlibat memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep digital marketing dan terus-menerus mengikuti perkembangan tren dan teknologi terkini.

-          Eksperimen dan inovasi. Bersedia untuk bereksperimen dengan strategi baru dan teknologi inovatif. Beradaptasi dengan perubahan tren dan selalu mencari cara untuk meningkatkan efektivitas konten.


Digital Marketing Dalam Perspektif Islam 

Gustanto (2022) Dalam penelitiannya menyatakan bahwa digital marketing diperbolehkan dalam Islam dengan pertimbangan sesuai  dengan maqashid  syariah. Yaitu  terpenuhinya  aspek  iman  dan  hak  asasi  manusia, dalam  melakukan  pemasaran  tidak  boleh  mengganggu  keimanan  serta  memastikan  dalam prosesnya tidak ada hak hak yang terzalimi.

Berikutnya terpenuhinya unsur menjaga diri dan kecerdasan, maksudnya haram  hukumnya   melakukan   transaksi   dengan   konten   yang mengandung  kebohongan.  Diharamkan  aktivitas digital  marketing yang melanggar upaya pemeliharaan keturunan dan eksistensi manusia seperti perzinahan dan sejenisnya. Demikian pula dengan  produk  yang  dijual  menjaga  dan  melindungi  lingkungan  serta  terhindar  dari kegiatan pencurian.

Islam merupakan  agama yang universal dan akan  selalu relevan dengan perkembangan zaman.   Islam  mengajarkan  bahwa beramal untuk  urusan  dunia harus diseimbangkan dengan persiapan  menuju  kampung  akhirat. Dalam kaitannya dengan digital marketing Islam sangat mendukung sepenuhnya dengan tetap mempertimbangkan etika pemasaran. Digital marketing diperbolehkan dalam Islam dengan ketentuan

  • Dilakukan atas dasar saling suka  (ridha)
  • Agar pemasaran yang dilakukan bertujuan untuk menjalin persaudaraan (silaturahmi)
  • Islam mengharamkan pemasaran yang mengandung unsur penipuan (gharar).

~TERIMA KASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini