Elemen Strategi Pemasaran Perusahaan, Strategi Digital Marketing, dan Digital Marketing Dalam Perspektif Islam
Nama : Monica Cincy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
Elemen Strategi Pemasaran Perusahaan
elemen strategi pemasaran perusahaan
Strategi
Produk. Pada
dasarnya produk merupakan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
Terdapat dua kategori produk yaitu berwujud. contohnya meja, kursi, laptop dan
tidak berwujud seperti Jasa.
Strategi
Harga. Penetapan
harga merupakan proses menentukan berapa nilai yang akan diterima perusahaan
dalam penjualan produknya. Harga rendah umumnya akan menyebabkan jumlah
penjualan meningkat sedangkan harga tinggi juga dapat menarik konsumen karena
mengisyaratkan bahwa produk memiliki kualitas tinggi. Penetapan harga
dipengaruhi oleh kebutuhan untuk tetap bertahan dalam pasar yang bersaing.
Strategi
Distribusi / Tempat. Penentuan
lokasi, sarana prasarana distribusi sangat penting. Karena agar memudahkan
konsumen dalam menjangkau lokasi yang ada, serta mendistribusikan barang dan
jasa perusahaan. Sarana prasarana harus memberikan rasa yang aman dan nyaman
untuk konsumen.
Strategi
Promosi. Promosi
menjadi sarana terpenting untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Tujuannya
adalah untuk menginformasikan, memposisikan produk, menambah nilai, dan
mengendalikan jumlah penjualan. Ada beberapa sarana mempromosikan produk yaitu
pengiklanan, sales, publitas, dan penjualan.
Strategi Digital Marketing
Strategi pemasaran digital
Strategi
pemasaran digital
diperlukan untuk memberi arahan yang konsisten untuk kegiatan pemasaran online
sebuah perusahaan. Sehingga mereka berintegrasi dengan kegiatan pemasaran
digital lainnya dan mendukung tujuan bisnis secara keseluruhan.
Ada
beberapa kesamaan antara pemasaran digital dengan pemasaran tradisional, yaitu
-
Melibatkan
analisis lingkungan eksternal perusahaan, sumber daya internal, dan kemampuan
untuk menginformasikan strategi.
-
Menentukan
tujuan pemasaran digital yang mendukung tujuan pemasaran.
Menganalisis situasi pemasaran
Pelanggan.
Proposisi digital
dan komunikasi harus berdasarkan pada pelanggan. Seperti apa karakteristik,
perilaku, keinginan dan kebutuhan mereka. Jadi pemasar harus memulai dari
pelanggan ketika menganalisis situasi.
Pasar. Dalam digital marketing, analisis pasar sangat
penting untuk membantu perusahaan memahami pasar yang dituju, mengidentifikasi
peluang dan ancaman, serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Pesaing. menganalisis informasi tentang
pesaing dalam industri yang sama dengan tujuan memahami kekuatan, kelemahan,
strategi, dan taktik mereka. analisis kompetitor membantu perusahaan untuk
mengidentifikasi peluang dan ancaman di pasar online, dan membuat strategi
pemasaran yang lebih efektif.
Sosial
Media. Menganalisis
aktivitas yang terjadi di media sosial, trend yang saat ini ramai untuk
memahami sejauh mana program digital marketing berhasil.
Implikasi hasil analisis digital marketing
●
Menentukan segmentasi pasar yang tepat
Membantu
perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang berbeda dan
menyesuaikan strategi digital marketing dengan preferensi dan kebutuhan mereka
●
Meningkatkan targeting iklan
Perusahaan
dapat menentukan taktik pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau target
audiens mereka
●
Meningkatkan personalisasi
Membantu
perusahaan untuk memahami preferensi konsumen dan menciptakan pengalaman yang
lebih personal dan relevan, yang dapat meningkatkan engagement dan loyalitas
konsumen.
●
Meningkatkan efisiensi pengeluaran
Perusahaan
bisa menentukan anggaran yang lebih tepat dan efisien untuk mengoptimalkan
pengeluaran.
●
Meningkatkan penjualan
Data
analitik dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan alur penjualan mereka
●
Mengidentifikasi pasar dan pesaing
perusahaan
dapat mengidentifikasi tren pasar dan perubahan perilaku konsumen, serta
mengawasi persaingan dan menyesuaikan strategi mereka untuk tetap relevan dan
kompetitif.
Implementasi strategi digital marketing
●
Menentukan segmentasi pasar yang tepat
Membantu
perusahaan untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang berbeda dan
menyesuaikan strategi digital marketing dengan preferensi dan kebutuhan mereka
●
Meningkatkan targeting iklan
Perusahaan
dapat menentukan taktik pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau target
audiens mereka
●
Meningkatkan personalisasi
Membantu
perusahaan untuk memahami preferensi konsumen dan menciptakan pengalaman yang
lebih personal dan relevan, yang dapat meningkatkan engagement dan loyalitas
konsumen.
●
Meningkatkan efisiensi pengeluaran
Perusahaan
bisa menentukan anggaran yang lebih tepat dan efisien untuk mengoptimalkan
pengeluaran.
●
Meningkatkan penjualan
Data
analitik dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan alur penjualan mereka
●
Mengidentifikasi pasar dan pesaing
perusahaan
dapat mengidentifikasi tren pasar dan perubahan perilaku konsumen, serta
mengawasi persaingan dan menyesuaikan strategi mereka untuk tetap relevan dan
kompetitif.
-
Penetapan tujuan bisnis. Tentukan dengan jelas tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui digital
marketing. Contoh, peningkatan penjualan dan dikenal luasnya brand kita
-
Pemahaman target audiens. Memahami karakteristik pelanggan, mencari tau siapa mereka, apa yang
dicari, dan bagaimana berinteraksi dengan platform digital.
-
Pemilihan platform digital. Pilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik target audiens.
Mencakup media sosial, search engine,, email, situs web, dan platform lainnya.
-
Mengoptimalkan situs Web. Memastikan situs web perusahaan sudah optimal untuk mesin pencari dan
responsif terhadap perangkat seluler.
-
Konten berkualitas. buat konten berkualitas tinggi dan relevan untuk target konsumen..
Dapat berupa artikel blog, video, infografis, atau konten interaktif lainnya.
-
Media Sosial Marketing. Rancang strategi media sosial yang mencakup platform yang paling relevan
dengan konsumen. Jadwalkan dan bagikan konten secara teratur untuk membangun
keterlibatan dan interaksi.
-
Email Marketing. Gunakan email marketing untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan
-
Pemantauan dan penyesuaian. Terus pantau perkembangan konten dan respons audiens. Lakukan
penyesuaian dan optimalkan strategi berdasarkan analisis data dan perubahan
tren.
-
Keamanan dan privasi data. Prioritaskan keamanan informasi dan privasi data pelanggan. Pastikan
bahwa implementasi digital marketing mematuhi standar keamanan dan regulasi
privasi.
-
Pelatihan dan pengembangan tim. Pastikan tim terlibat memiliki pemahaman yang
kuat tentang konsep digital marketing dan terus-menerus mengikuti perkembangan
tren dan teknologi terkini.
-
Eksperimen dan inovasi. Bersedia untuk bereksperimen dengan strategi baru dan teknologi
inovatif. Beradaptasi dengan perubahan tren dan selalu mencari cara untuk
meningkatkan efektivitas konten.
Digital Marketing Dalam Perspektif Islam
Berikutnya
terpenuhinya unsur menjaga diri dan kecerdasan, maksudnya haram hukumnya
melakukan transaksi dengan
konten yang mengandung kebohongan.
Diharamkan aktivitas digital marketing yang melanggar upaya pemeliharaan
keturunan dan eksistensi manusia seperti perzinahan dan sejenisnya. Demikian
pula dengan produk yang
dijual menjaga dan
melindungi lingkungan serta
terhindar dari kegiatan
pencurian.
Islam
merupakan agama yang universal dan
akan selalu relevan dengan perkembangan
zaman. Islam mengajarkan
bahwa beramal untuk urusan dunia harus diseimbangkan dengan
persiapan menuju kampung
akhirat. Dalam kaitannya dengan digital marketing Islam sangat mendukung
sepenuhnya dengan tetap mempertimbangkan etika pemasaran. Digital marketing
diperbolehkan dalam Islam dengan ketentuan
- Dilakukan atas dasar saling suka (ridha)
- Agar pemasaran yang dilakukan bertujuan untuk menjalin persaudaraan (silaturahmi)
- Islam mengharamkan pemasaran yang mengandung unsur penipuan (gharar).
Komentar
Posting Komentar