Teknik Penulisan Digital (Copywriting)
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
Copywriting
Copywriting
memiliki banyak peran penting. Mereka tidak hanya memberikan informasi kepada
pengunjung, tetapi juga berinteraksi dengan mereka, meyakinkan untuk mengambil
langkah tertentu, serta menyampaikan identitas merek. Selain itu, penting bagi
salinan tersebut untuk sesuai dengan apa yang dicari oleh mesin pencari, tanpa
kesulitan dalam pencarian nya. Di bab ini, kita akan memahami bahwa menulis
untuk web berbeda dengan menulis untuk media tradisional karena konten adalah
yang paling penting dalam dunia internet. Konten dianggap sebagai kunci
kesuksesan kampanye online karena internet adalah salah satu cara tercepat
untuk berkomunikasi dengan konsumen. Kami akan membahas prinsip dasar menulis
untuk web, termasuk cara mengenal audiens dan memahami HTML. Selain itu, kami
akan memperkenalkan konsep kata kunci dan penulisan untuk optimasi mesin
pencari (SEO), meninjau jenis salinan web yang berguna, dan memberikan praktik
terbaik untuk copywriting online yang sukses.
Istilah Penting Dalam Copywriting
1. Konten yang muncul di layar tanpa
pengguna harus menggulir.
2. Sebuah kata yang menyampaikan
tindakan atau perilaku, dan dalam Ajakan Bertindak, memberi tahu pembaca apa
yang harus dilakukan.
3. Hasil positif bagi pengguna yang
diberikan suatu fitur.
4. Kata-kata yang digunakan untuk
mendorong calon pelanggan mengambil tindakan tertentu
5. Dalam iklan pencarian berbayar, ini
memungkinkan kata kunci yang digunakan dalam pencarian dimasukkan secara
otomatis ke dalam salinan iklan
6. Aspek menonjol dari suatu produk
yang bermanfaat bagi pengguna.
7. Menyesuaikan konten untuk banyak
individu.
8. Karakter yang digunakan untuk
menentukan sekelompok pengguna ke situs web
9. Pay Per Click biasanya mengacu pada
iklan di mesin pencari
10. Nama yang dipilih untuk muncul di
bidang pengirim atau dari email.
11. Bertujuan untuk meningkatkan
peringkat di mesin pencari.
12. Apa yang Anda lihat saat melakukan
penelusuran di mesin telusur.
13. Inilah yang membuat penawaran Anda
berbeda dengan pesaing Anda.
SEO
Copywriting
Seorang copywriter online yang baik harus memahami SEO dengan baik dan mengintegrasikannya ke dalam tulisannya. Setelah memahami frasa kunci dan cara penggunaannya dalam salinan pendek seperti iklan PPC, penting untuk melihat bagaimana hal ini berlaku dalam salinan yang lebih panjang. Copywriter SEO harus bisa memasukkan kata kunci ke dalam konten mereka, serta menggunakan tag HTML dan Meta Data. Tag ini tidak hanya membantu dalam menyusun konten, tetapi juga menunjukkan relevansi dan konteks kepada mesin pencari. Beberapa tag juga digunakan oleh pembaca layar, membantu pengunjung dengan keterbatasan teknis untuk mengakses konten. Deskripsi Meta juga dapat digunakan oleh mesin pencari di halaman hasil pencarian (SERP).
Penerapan
Copywiting Yang Baik
·
Layout
& Leglibity: Salinan harus mudah dipindai dengan judul yang
jelas, daftar poin, paragraf pendek, dan teks yang diformat dengan baik.
Praktik ini memastikan kenyamanan pengguna
·
Language
: Pastikan nada konten konsisten dengan merek.Sebaiknya gunakan kalimat
aktif dalam penulisan karena lebih mudah untuk dipahami.Gunakan kata-kata yang
terbaru “trend”,namun tetap sesuaikan dengan kebutuhan audiens.Gambarkan produk
dengan menyertakan manfaat serta fitur yang ada dalam produk,gambarkan
semenarik mungkin.
·
Logic
: judul adalah yang
paling penting, berisi informasi kunci. Informasi penting harus di bagian atas
halaman, untuk memudahkan pengunjung memutuskan apakah mereka ingin membaca.
Mulai dengan ringkasan atau kesimpulan yang mencakup.
Jenis Salinan Wed
1. Salinan Panjang : Menulis
salinan panjang bisa menyesatkan karena pengguna online lebih menyukai konten
yang singkat. Umumnya, copywriter mengikuti aturan tidak melebihi 800 atau
1.000 kata per halaman. Penting untuk diingat bahwa pengguna web cenderung
memindai halaman dengan cepat, terutama pada salinan yang panjang. Namun,
meskipun salinan panjang memiliki keunggulan memberikan informasi lebih detail
dan membangun hubungan dengan pembaca, ada jenis-jenis salinan online panjang
yang berguna untuk pemasaran, seperti rilis berita, artikel untuk sindikasi
online, email, dan posting blog. Meskipun demikian, daftar ini belum lengkap.
2. Salinan Pendek : Call to
Action adalah instruksi singkat yang memberitahu pengguna langkah apa yang
harus diambil ketika mereka mengunjungi halaman web. Ini bisa berupa sesuatu
seperti "klik di sini" dan seringkali digunakan dalam iklan banner
dan iklan pencarian berbayar. Instruksi ini juga digunakan dalam buletin email
dan promosi. Penting untuk membuat Call to Action yang jelas dan sesuai dengan
tindakan yang diinginkan pengunjung, serta menggunakan kata kerja aktif dan
hyperlink yang relevan. Misalnya, dalam tombol pendaftaran buletin email,
disarankan untuk menggunakan kata "daftar" daripada
"kirim". Judul dan baris subjek juga memiliki peran penting dalam
menarik perhatian pembaca, baik dalam salinan pendek maupun panjang. Mereka
berfungsi sebagai pintu gerbang ke konten Anda, membantu pembaca untuk
memutuskan apakah mereka ingin membaca lebih lanjut atau tidak.
Komentar
Posting Komentar