Social Media Channels

Nama : Monica Cindy Amanda 

Nim : 222010200104

Kelas : Manajemen 4-B1

Apa itu sosial media ?

Di dalam banyak hal media sosial melambangkan web yang isinya kolaborasi dan berbagi konten , ide dan juga informasi. Media itu berarti mencakup tentang tulisan , visual hingga audio visual, jadi media sosial dapat di artikan suatu media dalam bentuk tulisan, visual hingga audio yang dirancang untuk di bagikan.

Media sosial juga disebut sebagai Web 2.0 , seperti media yang dihasilkan konsumen , media warga dan media baru.


Jenis-jenis sosial media channels 


1.     Jejaring Sosial di dalam jejaring sosial memungkinakan penggunanya untuk saling berkomunikasi , bertukar informasi , gambar , audio hingga video. (Facebook, Instagram , LinkedIn, Twitter, TikTok, dan telegram

2.     Media Sharing Network jenis social media yang memungkinakan pengguna untuk saling berbagi hal visual seperti foto dan juga multimedia video. (Instagram , TikTok, You Tube dan Snapchat)

3.     Forum Diskusi penggunanya dapat berdiskusi tentang hal apa saja yang di minati seperti tanya jawab, berbagi ide dan berita (Reddit,Digg,Quora dan kaskus)

4.     Live Streaming jenis sosial media yang dimana penggunanya melakukan siaran video secara langsung tanpa di rekam atau di edit terlebih dahulu ( YouTube Live, Facebook Live , Instagram Live , TikTok Live dan StreamYard)

Jejaring sosial

contoh media sosial dalam jejaring sosial : Instagram

yang bisa memungkinkan penggunanya untuk (1)saling mencari dan berbagi informasi terkini , (2)berkomunikasi dengan sesama pengguna instahram , (3) berbagi gambar maupun video dengan cara klik tanda yang terletak di pojok kanan seperti pada gambar , lalu pilih kepada pengguna yang mana kita ingin membaginya.

Media sharing network

contoh media sosial yang termasuk ke dalam media sharing network : YouTube

Media sosial yang dimana seluruh isi di dalamnya menggunakan visual foto , audio dan juga multimedia video.

Forum diskusi

media sosial yang termasuk ke dalam forum diskusi : KasKus

sebagai sesama pengguna bisa berdiskusi sesuai dengan hal yang diminati , tanya jawab dan berbagi berita seperti pada gambar di samping.

Live streaming

media sosial live streaming : YouTube Live dan Tiktok Live

media yang dimana penggunanya dapat melakukan live streaming tanpa harus di edit terlebih dahulu. 


Pelacakan Promosi / Kampanye Media Sosial

Seperti halnya pemasaran digital lainnya, anda harus dapat melacak dan mengukur promosi anda untuk memahami seberapa sukses promosi tersebut, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya.

Pelacakan kampanye media sosial dapat dilakukan dengan bantuan alat pelacakan dan pembuatan tautan, perangkat lunak analisis situs web dan platform, wawasan media sosial, dan banyak lagi.

Namun sekarang Platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, misalnya, semuanya memiliki alat atau fitur  yang memungkinkan pengguna memantau statistik sosial seperti jangkauan, keterlibatan, dan rasio klik-tayang.

Aturan Keterlibatan Media Sosial Dan Pemasaran

Aturan keterlibatan ini mengartikan bahwa bagaimana aturan main kita sebagai pemasar di dalam media sosial. Memanfaatkan pengaruh dan kekuatan media sosial akan dapat membantu pemasar untuk menambah target pasar. Penting bagi pemasar untuk mengerti aturan keterlibatan pemasar dalam media sosial , contohnya sebagai berikut:

a.     Pemasaran ke pembuat konten : Bisa di definisikan bagaimana cara kita sebagai pemasar untuk memasarkan produk yang kita punya kepada pembuat konten (konten kreator) agar mereka bisa tertarik untuk mengonten atau mempromosikan produk kita.

b.     Pemasaran ke Konsumen Konten : Hiburan atau konten yang telah dibuat lalu disebarkan melalui media sosial dapat meningkatkan titik kontak merek(komunikasi antara pemasar dengan pelanggan). Maka dari itu pemasaran ke konsumen konten dibutuhkan dalam peningkatakn titik kontak merek. Misalnya kita sebagai pemasar yang sudah berpromosi atau berkontribusi dengan koten creator pasti konten yang dibuat tersebut menarik sebuah konsumen baru yang memiliki ketertarikan di produk yang pemasar jual , nah sebagai pemasar kita bisa menggunakan opsi membuat forum untuk para konsumen yang berminat untuk beriklan dan berinteraksi langsung dengan konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan titik kontak merek.

c.     Memasarkan ke pembagi konten : Pembagi konten adalah konsumen konten yang juga menyampaikan pesan anda (konten yang anda buat). Mereka juga merupakan mata rantai penting dalam peningkatan pemasaran kita sebagai pemasar di dalam media sosial. Misalnya kita sebagai konsumen atau penikmat konten kita mengshare ulang atau menyebar luaskan konten tersebut, dengan begitu secara tidak langsung kita sebagai pembagi konten juga memberi keuntungan kepada pemasar.

d.     Beriklan di platform media sosial : Meskipun pemasar dapat menggunakan alat media sosial untuk menyampaikan pesan mereka, karakteristik yang menentukan situs media sosial juga penting. Media sosial memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka, dan ini berarti bahwa informasi demografis dapat dikumpulkan untuk memungkinkan periklanan yang lebih bermanfaat dan bertarget.

~TERIMAKASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini