Social Media Channels
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
Apa itu sosial
media ?
Di dalam banyak hal media
sosial melambangkan web yang isinya kolaborasi dan berbagi konten , ide dan
juga informasi. Media itu berarti mencakup tentang tulisan , visual hingga
audio visual, jadi media sosial dapat di artikan suatu media dalam bentuk tulisan,
visual hingga audio yang dirancang untuk di bagikan.
Media sosial juga disebut
sebagai Web 2.0 , seperti media yang dihasilkan konsumen , media warga dan
media baru.
Jenis-jenis sosial media channels
1.
Jejaring
Sosial di dalam jejaring sosial memungkinakan penggunanya untuk saling
berkomunikasi , bertukar informasi , gambar , audio hingga video. (Facebook,
Instagram , LinkedIn, Twitter, TikTok, dan telegram
2.
Media
Sharing Network jenis social media yang memungkinakan pengguna untuk saling
berbagi hal visual seperti foto dan juga multimedia video. (Instagram , TikTok,
You Tube dan Snapchat)
3.
Forum
Diskusi penggunanya dapat berdiskusi tentang hal apa saja yang di minati
seperti tanya jawab, berbagi ide dan berita (Reddit,Digg,Quora dan kaskus)
4.
Live
Streaming jenis sosial media yang dimana penggunanya melakukan siaran video
secara langsung tanpa di rekam atau di edit terlebih dahulu ( YouTube Live,
Facebook Live , Instagram Live , TikTok Live dan StreamYard)
Jejaring sosial
contoh media sosial dalam jejaring sosial : Instagram
yang bisa memungkinkan penggunanya untuk (1)saling
mencari dan berbagi informasi terkini , (2)berkomunikasi dengan sesama pengguna
instahram , (3) berbagi gambar maupun video dengan cara klik tanda yang
terletak di pojok kanan seperti pada gambar , lalu pilih kepada pengguna yang
mana kita ingin membaginya.
Media sharing
network
contoh media sosial yang termasuk ke dalam media
sharing network : YouTube
Media sosial yang dimana seluruh isi di dalamnya
menggunakan visual foto , audio dan juga multimedia video.
Forum diskusi
media sosial yang termasuk ke dalam forum diskusi :
KasKus
sebagai sesama pengguna bisa berdiskusi sesuai dengan
hal yang diminati , tanya jawab dan berbagi berita seperti pada gambar di
samping.
Live streaming
media sosial live streaming : YouTube Live dan Tiktok
Live
media yang dimana penggunanya dapat melakukan live
streaming tanpa harus di edit terlebih dahulu.
Pelacakan Promosi
/ Kampanye Media Sosial
Seperti
halnya pemasaran digital lainnya, anda harus dapat melacak dan mengukur promosi
anda untuk memahami seberapa sukses promosi tersebut, dan apa yang dapat Anda
lakukan untuk meningkatkannya.
Pelacakan
kampanye media sosial dapat dilakukan dengan bantuan alat pelacakan dan
pembuatan tautan, perangkat lunak analisis situs web dan platform, wawasan
media sosial, dan banyak lagi.
Namun
sekarang Platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, misalnya, semuanya
memiliki alat atau fitur yang
memungkinkan pengguna memantau statistik sosial seperti jangkauan,
keterlibatan, dan rasio klik-tayang.
Aturan Keterlibatan Media Sosial Dan Pemasaran
Aturan
keterlibatan ini mengartikan bahwa bagaimana aturan main kita sebagai pemasar
di dalam media sosial. Memanfaatkan pengaruh dan kekuatan media sosial akan
dapat membantu pemasar untuk menambah target pasar. Penting bagi pemasar untuk
mengerti aturan keterlibatan pemasar dalam media sosial , contohnya sebagai
berikut:
a. Pemasaran ke pembuat konten
: Bisa di definisikan
bagaimana cara kita sebagai pemasar untuk memasarkan produk yang kita punya
kepada pembuat konten (konten kreator) agar mereka bisa tertarik untuk
mengonten atau mempromosikan produk kita.
b. Pemasaran ke Konsumen Konten
: Hiburan atau konten yang
telah dibuat lalu disebarkan melalui media sosial dapat meningkatkan titik
kontak merek(komunikasi antara pemasar dengan pelanggan). Maka dari itu
pemasaran ke konsumen konten dibutuhkan dalam peningkatakn titik kontak merek.
Misalnya kita sebagai pemasar yang sudah berpromosi atau berkontribusi dengan
koten creator pasti konten yang dibuat tersebut menarik sebuah konsumen baru
yang memiliki ketertarikan di produk yang pemasar jual , nah sebagai pemasar
kita bisa menggunakan opsi membuat forum untuk para konsumen yang berminat
untuk beriklan dan berinteraksi langsung dengan konsumen yang bertujuan untuk
meningkatkan titik kontak merek.
c. Memasarkan ke pembagi konten : Pembagi konten adalah konsumen konten yang juga
menyampaikan pesan anda (konten yang anda buat). Mereka juga merupakan mata
rantai penting dalam peningkatan pemasaran kita sebagai pemasar di dalam media
sosial. Misalnya kita sebagai konsumen atau penikmat konten kita mengshare
ulang atau menyebar luaskan konten tersebut, dengan begitu secara tidak
langsung kita sebagai pembagi konten juga memberi keuntungan kepada pemasar.
d. Beriklan di platform media sosial : Meskipun pemasar dapat menggunakan alat media
sosial untuk menyampaikan pesan mereka, karakteristik yang menentukan situs
media sosial juga penting. Media sosial memungkinkan pengguna untuk
mengekspresikan diri mereka, dan ini berarti bahwa informasi demografis dapat
dikumpulkan untuk memungkinkan periklanan yang lebih bermanfaat dan bertarget.
Komentar
Posting Komentar