Cenversion optimisation

Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1

APA ITU CONVERSION OPTIMISATION

Conversion optimisation adalah serangkaian proses yang membantu memahami serta menjadi metode pengumpulan data yang bertujuan untuk meningkatkan presentase pengunjung situs web melalui taktik pemasaran digital seperti membeli produk, mendaftar newsletter, mengisi formulir untuk mengoptimalkan efeknya dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

MENGAPA CONVERSION OPTIMISATION SANGAT PENTING ?

1. Meningkatkan Dampak Periklanan Dengan meningkatkan persentase pengunjung situs web yang melakukan tindakan yang diinginkan (misalnya, pembelian, pendaftaran).

2. Efisiensi Biaya Memaksimalkan nilai dari traffic yang ada dengan meningkatkan tingkat konversi, biaya per akuisisi pelanggan (Cost Per Acquisition/CPA) dapat berkurang, membuat kampanye pemasaran lebih efisien dan hemat biaya.

3. Keunggulan Kompetitif Bisnis yang secara konsisten mengoptimalkan konversi memiliki keunggulan dibandingkan pesaing mereka. Mereka dapat lebih efektif mengubah pengunjung menjadi pelanggan.


PENDEKATAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PENGOPTIMALAN KONVENSI

  1. mengumpulkan data 
  2. analisis data 
  3. memperbaiki sesuatu yang rusak 
  4. merancang tes 
  5. jalankan tes 
  6. laporkan dan repeat 

LANGKAH LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PENGOPTIMALISASISAN KONVERSI

1. Mengumpulkan data adalah proses mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai sumber untuk memahami perilaku, preferensi, dan kebutuhan pengguna.

2. Setelah mengumpulkan data lalu menganalisisnya sehingga membantu memahami perilaku pengguna dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

3. Bagian dari analisis mengidentifikasi masalah yang dapat diperbaiki tanpa pengujian. Masalah ini bisa berupa bug teknis, masalah desain, atau hambatan dalam proses konversi.

4. Langkah selanjutnya adalah Tes desain baru atau perubahan yang diusulkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan tingkat konversi.

5. Kemudian hasilnya dianalisis dan dilaporkan untuk memahami dampak dari perubahan yang telah dilakukan, proses ini membantu dalam membuat keputusan yang didasarkan pada data tentang langkah selanjutnya.

6. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, langkah-langkah diulang untuk terus memperbaiki dan mengoptimalkan pengalaman pengguna dan tingkat konversi.


CONTOH APA SAJA YANG BISA DIUJI UNTUK MENINGKATKAN KONVERSION OPTIMISATION 

  • Email Pemasaran 
  • Sosial Media 
  • Periklanan 
  • E-commerce 
  • Halaman Arahan 

CONTOH OPTIMASI MENINGKATKAN KONVERSI DALAM BRAND (SMARTWOOL) 




● Smartwool adalah sebuah brand peralatan olahraga yang melakukan split test dan optimasi di toko online dengan mengganti ukuran dan gambar yang seragam.

● Hasil peningkatkan konversi menjadi 17% dengan merubah gambar dan ukurannya.


SYARAT DAN KONSEP UTAMA OPTIMALISASI KONVERSI 

  1. Tingkat Konversi : Persentasi pengunjung situs web yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan. 
  2. Pengujian A/B : Metode pengujian dimana dua versi halaman web dibandingkan untuk menentukan mana yang berkinerja lebih baik dalam hal konversi. 
  3. Pengoptimalan Pengalaman Pengguna : Meningkatkan pengalaman keseluruhan pengunjung situs web untuk meningkatkan kemungkinan mereka menyelesaikan tindakan yang diinginkan. 
Merancang Tes 
    Merancang tes adalah proses perencanaan atau perancangan suatu objek dengan tujuan agar objek yang dibuat memiliki fungsi, memiliki nilai estetika, dan bermanfaat bagi manusia. 


~TERIMAKASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini