Cenversion optimisation
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
APA ITU CONVERSION OPTIMISATION
MENGAPA CONVERSION OPTIMISATION SANGAT PENTING ?
1. Meningkatkan Dampak Periklanan Dengan meningkatkan
persentase pengunjung situs web yang melakukan tindakan yang diinginkan
(misalnya, pembelian, pendaftaran).
2. Efisiensi Biaya Memaksimalkan nilai dari traffic yang ada
dengan meningkatkan tingkat konversi, biaya per akuisisi pelanggan (Cost Per
Acquisition/CPA) dapat berkurang, membuat kampanye pemasaran lebih efisien dan
hemat biaya.
3. Keunggulan Kompetitif Bisnis yang secara konsisten
mengoptimalkan konversi memiliki keunggulan dibandingkan pesaing mereka. Mereka
dapat lebih efektif mengubah pengunjung menjadi pelanggan.
PENDEKATAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PENGOPTIMALAN KONVENSI
- mengumpulkan data
- analisis data
- memperbaiki sesuatu yang rusak
- merancang tes
- jalankan tes
- laporkan dan repeat
LANGKAH LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PENGOPTIMALISASISAN
KONVERSI
1. Mengumpulkan data adalah proses mengumpulkan informasi
yang relevan dari berbagai sumber untuk memahami perilaku, preferensi, dan
kebutuhan pengguna.
2. Setelah mengumpulkan data lalu menganalisisnya sehingga
membantu memahami perilaku pengguna dan mengidentifikasi area yang memerlukan
perbaikan.
3. Bagian dari analisis mengidentifikasi masalah yang dapat
diperbaiki tanpa pengujian. Masalah ini bisa berupa bug teknis, masalah desain,
atau hambatan dalam proses konversi.
4. Langkah selanjutnya adalah Tes desain baru atau perubahan
yang diusulkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan tingkat konversi.
5. Kemudian hasilnya dianalisis dan dilaporkan untuk
memahami dampak dari perubahan yang telah dilakukan, proses ini membantu dalam
membuat keputusan yang didasarkan pada data tentang langkah selanjutnya.
6. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, langkah-langkah
diulang untuk terus memperbaiki dan mengoptimalkan pengalaman pengguna dan
tingkat konversi.
CONTOH APA SAJA YANG BISA DIUJI UNTUK MENINGKATKAN KONVERSION OPTIMISATION
- Email Pemasaran
- Sosial Media
- Periklanan
- E-commerce
- Halaman Arahan
CONTOH OPTIMASI MENINGKATKAN KONVERSI DALAM BRAND (SMARTWOOL)
● Smartwool adalah sebuah brand peralatan olahraga yang
melakukan split test dan optimasi di toko online dengan mengganti ukuran dan
gambar yang seragam.
● Hasil peningkatkan konversi menjadi 17% dengan merubah
gambar dan ukurannya.
SYARAT DAN KONSEP UTAMA OPTIMALISASI KONVERSI
- Tingkat Konversi : Persentasi pengunjung situs web yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan.
- Pengujian A/B : Metode pengujian dimana dua versi halaman web dibandingkan untuk menentukan mana yang berkinerja lebih baik dalam hal konversi.
- Pengoptimalan Pengalaman Pengguna : Meningkatkan pengalaman keseluruhan pengunjung situs web untuk meningkatkan kemungkinan mereka menyelesaikan tindakan yang diinginkan.
Komentar
Posting Komentar