Data Analytics
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
Melacak Dan
Mengumpulkan Data
Ada
dua pendekatan utama untuk mengumpulkan data analisis web:
1. analisis
file log membaca catatan, yang disebut file log, di server web, yang mencatat
semua klik yang terjadi di server. Server web selalu menyimpan semua klik yang
terjadi dalam file log
2. Page
tagging atau penandaan halaman, di sisi lain, mengirimkan informasi ke server pihak
ketiga, tempat statistik dapat dihasilkan. Browser mengeksekusi kode JavaScript
yang berkomunikasi dengan perangkat lunak pelacakan.
Analisis file log
·
File
log biasanya diproduksi oleh server web, sehingga data mentah sudah tersedia.
Namun, penandaan halaman memerlukan perubahan pada situs web.
·
File
log sangat akurat - mereka merekam setiap klik. Pemberian tag halaman bisa
kurang akurat. Jika browser pengguna tidak mendukung JavaScript, misalnya,
tidak ada informasi yang akan ditangkap.
·
File
log dalam format standar, sehingga dimungkinkan untuk beralih vendor dan masih
dapat menganalisis data historis. Pemberian tag halaman adalah milik
masing-masing vendor, jadi beralih dapat berarti kehilangan data historis.
·
File
log merekam kunjungan dari spider mesin pencari - berguna untuk optimasi mesin
pencari.
·
File
log merekam permintaan yang gagal, sedangkan pemberian tag halaman hanya
menunjukkan permintaan yang berhasil.
Page tagging
·
JavaScript
membuatnya lebih mudah untuk menangkap lebih banyak informasi (misalnya produk
yang dibeli, atau ukuran layar browser pengguna). Anda dapat menggunakan
analisis file log untuk menangkap informasi ini, tetapi akan melibatkan
modifikasi URL.
·
Penandaan halaman dapat melaporkan peristiwa,
seperti interaksi dengan film Flash, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh
analisis file log.
·
Penandaan
halaman dapat digunakan oleh perusahaan yang tidak menjalankan server web
mereka sendiri.
· Penyedia layanan penandaan halaman biasanya menawarkan tingkat dukungan yang lebih besar. Ini karena ini adalah layanan pihak ketiga, sedangkan perangkat lunak analisis file log sering dikelola sendiri.
Menetapkan Tujuan,
Sasaran, Dan KPI
Tujuan dari situs web atau kampanye online
selaras dengan hasil strategis bisnis. Tujuan dari kampanye mungkin untuk
menciptakan kesadaran untuk bisnis baru atau mungkin untuk meningkatkan
penjualan suatu produk. Terkadang tujuan kampanye disebut sebagai sasaran,
meskipun sasaran dapat memiliki arti lain dalam analitik web
Tujuan situs web atau kampanye dalam analisis
web mengacu pada tindakan yang dilakukan pengguna di situs web atau jenis
perilaku pengguna. Tindakan ini dapat berupa melakukan pembelian, mendaftar ke
buletin, atau melihat sejumlah halaman tertentu dalam kunjungan. Tujuan yang
terkait dengan perilaku pengunjung seperti waktu yang dihabiskan di situs atau
tampilan halaman per kunjungan terkadang disebut sebagai sasaran keterlibatan.
Tujuan biasanya selaras dengan tujuan bisnis.
Indikator kinerja utama atau KPI adalah metrik
yang menunjukkan apakah tujuan terpenuhi. Ada banyak metrik yang harus
dianalisis, sehingga menentukan mana yang penting akan membantu untuk fokus
pada apa yang benar-benar penting bagi kampanye tertentu.
Meskipun sebuah situs web memiliki tujuan
akhir, proses mencapai tujuan itu dapat dipecah menjadi beberapa langkah. Ini
disebut peristiwa atau konversi mikro. Menganalisis setiap langkah dalam proses
disebut analisis corong atau analisis jalur dan sangat penting untuk memahami
di mana masalah dalam proses konversi mungkin berada.
Menganalisis Data
Avinash
Kaushik, penulis Web Analytics: An Hour A Day, merekomendasikan pendekatan tiga
cabang untuk analisis web:
1.
Menganalisis
data perilaku yang menyimpulkan maksud pengunjung situs web. Misalnya, mengapa
orang-orang ada di situs web kami?
2.
Menganalisis
metrik hasil yang menunjukkan berapa banyak pengunjung yang melakukan tindakan
sasaran di situs web. Misalnya, apakah pengunjung melakukan tindakan yang kita
inginkan?
3.
Menguji
dan menganalisis data yang memberi tahu kami tentang pengalaman pengguna. Apa
pola perilaku pengguna? Bagaimana kita dapat mempengaruhi mereka untuk
mengoptimalkan / mencapai tujuan kita?
Data perilaku: intent
Perilaku pengguna web dapat menunjukkan banyak
hal tentang niat mereka. Melihat URL rujukan dan istilah pencarian yang
digunakan untuk menemukan situs web dapat memberi tahu kita banyak hal tentang
masalah apa yang diharapkan pengunjung untuk dipecahkan oleh situs kita..
Bagian penting, dan sering diabaikan, dari
analisis ini adalah pencarian internal. Pencarian internal mengacu pada
pencarian yang dilakukan pengguna di situs web, konten situs web. Sementara
banyak waktu dihabiskan untuk menganalisis dan mengoptimalkan pencarian
eksternal menggunakan mesin pencari untuk mencapai situs web yang bersangkutan
menganalisis pencarian internal sangat membantu menentukan seberapa efektif
sebuah situs web dalam memberikan solusi kepada pengunjung.
Hasil: memenuhi harapan
Pada akhirnya, kita ingin orang-orang yang
mengunjungi situs web kita melakukan tindakan yang meningkatkan pendapatan
situs web. Analisis tujuan dan KPI menunjukkan di mana ada ruang untuk
perbaikan. Lihatlah niat pengguna untuk menetapkan bagaimana situs web kita
memenuhi sasaran pengguna, dan apakah mereka cocok dengan sasaran situs web.
Lihatlah pengalaman pengguna untuk menentukan bagaimana hasil dapat
dipengaruhi.
Pengalaman: mengapa pengguna bertindak seperti yang mereka lakukan, dan
bagaimana hal itu dapat dipengaruhi
Untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna, perlu untuk menguji dan menentukan pola perilaku pengguna. Memahami mengapa pengguna berperilaku dengan cara tertentu di situs web kita akan menunjukkan kepada kita bagaimana perilaku itu dapat dipengaruhi sehingga dapat meningkatkan hasil sukses kita.
Komentar
Posting Komentar