Data Analytics

Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1

Melacak Dan Mengumpulkan Data

Ada dua pendekatan utama untuk mengumpulkan data analisis web:

1.    analisis file log membaca catatan, yang disebut file log, di server web, yang mencatat semua klik yang terjadi di server. Server web selalu menyimpan semua klik yang terjadi dalam file log

2.   Page tagging atau penandaan halaman, di sisi lain, mengirimkan informasi ke server pihak ketiga, tempat statistik dapat dihasilkan. Browser mengeksekusi kode JavaScript yang berkomunikasi dengan perangkat lunak pelacakan.

Analisis file log

·       File log biasanya diproduksi oleh server web, sehingga data mentah sudah tersedia. Namun, penandaan halaman memerlukan perubahan pada situs web.

·       File log sangat akurat - mereka merekam setiap klik. Pemberian tag halaman bisa kurang akurat. Jika browser pengguna tidak mendukung JavaScript, misalnya, tidak ada informasi yang akan ditangkap.

·       File log dalam format standar, sehingga dimungkinkan untuk beralih vendor dan masih dapat menganalisis data historis. Pemberian tag halaman adalah milik masing-masing vendor, jadi beralih dapat berarti kehilangan data historis.

·       File log merekam kunjungan dari spider mesin pencari - berguna untuk optimasi mesin pencari.

·       File log merekam permintaan yang gagal, sedangkan pemberian tag halaman hanya menunjukkan permintaan yang berhasil.

Page tagging

·       JavaScript membuatnya lebih mudah untuk menangkap lebih banyak informasi (misalnya produk yang dibeli, atau ukuran layar browser pengguna). Anda dapat menggunakan analisis file log untuk menangkap informasi ini, tetapi akan melibatkan modifikasi URL.

·        Penandaan halaman dapat melaporkan peristiwa, seperti interaksi dengan film Flash, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh analisis file log.

·       Penandaan halaman dapat digunakan oleh perusahaan yang tidak menjalankan server web mereka sendiri.

·       Penyedia layanan penandaan halaman biasanya menawarkan tingkat dukungan yang lebih besar. Ini karena ini adalah layanan pihak ketiga, sedangkan perangkat lunak analisis file log sering dikelola sendiri.

Menetapkan Tujuan, Sasaran, Dan KPI

Tujuan dari situs web atau kampanye online selaras dengan hasil strategis bisnis. Tujuan dari kampanye mungkin untuk menciptakan kesadaran untuk bisnis baru atau mungkin untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Terkadang tujuan kampanye disebut sebagai sasaran, meskipun sasaran dapat memiliki arti lain dalam analitik web

Tujuan situs web atau kampanye dalam analisis web mengacu pada tindakan yang dilakukan pengguna di situs web atau jenis perilaku pengguna. Tindakan ini dapat berupa melakukan pembelian, mendaftar ke buletin, atau melihat sejumlah halaman tertentu dalam kunjungan. Tujuan yang terkait dengan perilaku pengunjung seperti waktu yang dihabiskan di situs atau tampilan halaman per kunjungan terkadang disebut sebagai sasaran keterlibatan. Tujuan biasanya selaras dengan tujuan bisnis.

Indikator kinerja utama atau KPI adalah metrik yang menunjukkan apakah tujuan terpenuhi. Ada banyak metrik yang harus dianalisis, sehingga menentukan mana yang penting akan membantu untuk fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kampanye tertentu.

Meskipun sebuah situs web memiliki tujuan akhir, proses mencapai tujuan itu dapat dipecah menjadi beberapa langkah. Ini disebut peristiwa atau konversi mikro. Menganalisis setiap langkah dalam proses disebut analisis corong atau analisis jalur dan sangat penting untuk memahami di mana masalah dalam proses konversi mungkin berada.

Menganalisis Data

Avinash Kaushik, penulis Web Analytics: An Hour A Day, merekomendasikan pendekatan tiga cabang untuk analisis web:

1.     Menganalisis data perilaku yang menyimpulkan maksud pengunjung situs web. Misalnya, mengapa orang-orang ada di situs web kami?

2.     Menganalisis metrik hasil yang menunjukkan berapa banyak pengunjung yang melakukan tindakan sasaran di situs web. Misalnya, apakah pengunjung melakukan tindakan yang kita inginkan?

3.     Menguji dan menganalisis data yang memberi tahu kami tentang pengalaman pengguna. Apa pola perilaku pengguna? Bagaimana kita dapat mempengaruhi mereka untuk mengoptimalkan / mencapai tujuan kita?

Data perilaku: intent

Perilaku pengguna web dapat menunjukkan banyak hal tentang niat mereka. Melihat URL rujukan dan istilah pencarian yang digunakan untuk menemukan situs web dapat memberi tahu kita banyak hal tentang masalah apa yang diharapkan pengunjung untuk dipecahkan oleh situs kita..

Bagian penting, dan sering diabaikan, dari analisis ini adalah pencarian internal. Pencarian internal mengacu pada pencarian yang dilakukan pengguna di situs web, konten situs web. Sementara banyak waktu dihabiskan untuk menganalisis dan mengoptimalkan pencarian eksternal menggunakan mesin pencari untuk mencapai situs web yang bersangkutan menganalisis pencarian internal sangat membantu menentukan seberapa efektif sebuah situs web dalam memberikan solusi kepada pengunjung.

Hasil: memenuhi harapan

Pada akhirnya, kita ingin orang-orang yang mengunjungi situs web kita melakukan tindakan yang meningkatkan pendapatan situs web. Analisis tujuan dan KPI menunjukkan di mana ada ruang untuk perbaikan. Lihatlah niat pengguna untuk menetapkan bagaimana situs web kita memenuhi sasaran pengguna, dan apakah mereka cocok dengan sasaran situs web. Lihatlah pengalaman pengguna untuk menentukan bagaimana hasil dapat dipengaruhi.

Pengalaman: mengapa pengguna bertindak seperti yang mereka lakukan, dan bagaimana hal itu dapat dipengaruhi

Untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna, perlu untuk menguji dan menentukan pola perilaku pengguna. Memahami mengapa pengguna berperilaku dengan cara tertentu di situs web kita akan menunjukkan kepada kita bagaimana perilaku itu dapat dipengaruhi sehingga dapat meningkatkan hasil sukses kita.


~TERIMAKASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini