Video Marketing

Nama : Monica Cindy Amanda

Nim : 222010200104

Kelas : Manajemen 4-B1

Pengenalan

kita menggunakan mesin pencari untuk membantu menjawab pertanyaan dan menemukan konten. Konten itu bisa berupa apa saja, gambar hingga teks, dan tentu saja, video. Konten teks dapat dibaca oleh mesin pencari, tetapi konten seperti gambar dan video tidak dapat dengan mudah dibaca oleh mesin pencari. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan penelusuran untuk menemukan konten video, memahami cara mengoptimalkan video untuk penelusuran adalah bagian penting dari strategi digital apa pun.

Menurut YouTube, ada lebih dari tiga miliar penayangan video sehari di situs webnya, sementara setiap menit, terdapat 48 jam video diunggah. Video online bukan hanya tentang membuat konten, ini tentang mengarahkan pemirsa ke konten itu. Bagi banyak orang, di situlah pencarian video masuk. YouTube dikatakan menyumbang sekitar 28% dari pencarian di situs Google. Dan, pada tahun 2007, Google memperkenalkan hasil pencarian campuran, di mana media seperti gambar dan video, termasuk dalam search engine results pages (SERP).

Bing dan Yahoo telah memperkenalkan perubahan serupa ke halaman hasil pencarian mereka. Semua ini telah berfungsi untuk membawa video lebih dekat ke arus utama Dengan begitu banyak waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet di situs berbagi video, iklan segera mengikuti. Pada bulan November 2008, YouTube memperkenalkan Video Promosi, layanan berbayar tempat Anda dapat mengajukan tawaran agar video Anda tercantum di samping video lain dan di hasil penelusuran YouTube. Seperti iklan PPC di mesin pencari, Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik video Anda dan bukan untuk terdaftar

 

Cara Kerja

Ketika kita mencari, kita menggunakan kata kunci untuk menggambarkan apa yang ingin kita temukan. Mesin pencari menggunakan kata kunci tersebut untuk mencocokkan dengan konten. Mesin pencari bergantung pada kemampuan menggunakan teks dalam konten untuk menentukan tentang apa itu, dan indikator lain untuk menentukan seberapa relevan konten itu. Ketika datang ke halaman web, mesin pencari dapat "membaca" teks pada halaman untuk menentukan tentang apa halaman itu, dan dapat mengukur tautan yang masuk untuk menentukan seberapa relevan halaman tersebut. Ketika datang ke video, mesin pencari tidak dapat "menonton" atau "membaca" video, dan sebaliknya harus bergantung pada teks lain pada halaman untuk menentukan tentang apa video itu. Mesin pencari juga perlu mencari cara untuk mengukur relevansi

 

Mengoptimalkan Video Yang Diposting

1.     Judul video sangat penting : Judul video adalah salah satu hal pertama yang dilihat pengguna saat mengklik video, dan digunakan pertama dan terutama oleh mesin pencari video untuk menentukan relevansi video Anda. Kata kunci Anda yang paling penting harus muncul dalam tiga kata pertama dari judul. Judul yang lebih panjang dan deskriptif lebih baik daripada judul yang pendek, ringkas, dan tidak jelas.

2.     Gunakan deskripsi panjang : Deskripsi adalah apa yang dicari mesin pencari untuk menentukan tentang apa video itu. Gunakan kata kunci penting Anda dapat memasukkan informasi sebanyak mungkin, tetapi memasukkan hal-hal yang paling penting dalam 25 karakter pertama. Anda dapat menyertakan link dalam deskripsi, sehingga Anda dapat mengarahkan pengguna ke konten lain yang Anda miliki.

3.     Gunakan tag untuk memasukkan beberapa kata kunci : Utamakan kata kunci terpenting Anda. Anda juga dapat memanfaatkan istilah penelusuran populer dan memakai frasa populer atau topikal. Namun, pastikan bahwa ini setidaknya agak relevan dengan video Anda dan gunakan istilah dari kategori yang sama. YouTube Suggest dan Google Suggest adalah alat yang berguna dalam membantu hal ini.

4.     Dorong/menggiatkan komentar, langganan dan peringkat, penyematan dan berbagi. : Jangan lupa untuk menanggapi komentar yang relevan. Sangat penting untuk meyakinkan pengguna bahwa Anda menganggapnya serius. Ini adalah poin kunci untuk diingat jika Anda ingin menciptakan komunitas online yang berkembang. Untuk memicu diskusi, pertimbangkan untuk memposting komentar segera setelah Anda mengunggah video. Ajukan pertanyaan provokatif untuk memicu diskusi dan memimpin percakapan – kunci mutlak untuk sukses di ruang media sosial adalah keterlibatan.

5.     Optimalkan thumbnail : Pertimbangkan untuk menambahkan bingkai thumbnail. YouTube memungkinkan Anda memilih gambar mini menjadi seperempat, setengah jalan atau tiga perempat melalui video. Cukup mengoptimalkan gambar thumbnail dapat mendorong peningkatan klik-tayang dan tampilan, yang membantu meningkatkan visibilitas pencarian.

6.     Gunakan anotasi untuk menautkan dari dan ke properti video lainnya : Anotasi memungkinkan Anda menambahkan kotak teks dengan URL yang dapat diklik pada titik yang Anda pilih dalam video Anda. Anotasi dalam video yang sudah populer dan saat ini dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke video baru, meskipun harus menjadi praktik standar untuk menyertakannya dalam video segera setelah diunggah.

7.     Unggah video secara teratur untuk memastikan aktivitas saluran yang berkelanjutan dan minat topikal. : Pertimbangkan sifat merek dan apa yang Anda coba komunikasikan kepada pemirsa Anda, Anda harus memutuskan seberapa sering video diunggah. Tapi ingat, semakin banyak video yang Anda unggah, semakin tinggi peringkat saluran Anda karena Google mengambil konten segar Anda. Jumlah konten yang Anda unggah juga bergantung pada layanan atau produk yang ditawarkan merek Anda. Ini adalah keseimbangan yang cermat untuk tidak membebani saluran Anda dengan media yang tidak berguna dan menjaga konten tetap segar dan menarik.

 

Mengoptimalkan Video Yang Dihosting

Jika Anda menghosting konten video Anda sendiri, Anda dapat mengoptimalkan konten di sekitarnya untuk peluang pencarian terbaik. Seperti halnya video yang diposting, itu adalah konten teks pada halaman dengan video yang sangat penting. Pastikan judul halaman Anda deskriptif, serta judul video dan nama file video. Teks pada halaman dengan video itu penting, jadi optimalkan untuk mencerminkan konten video. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak ucapan ke teks seperti Blinkx atau Spinvox untuk menyalin video. Teks kemudian dapat digunakan dalam metadata video.

Berbagi sosial: Apakah video Anda di hosting atau diposting, Anda harus memulai dan mendorong berbagi melalui bookmark dan memastikan akses di berbagai platform, misalnya YouTube, Facebook, LinkedIn, serta situs web perusahaan Anda. Berbagi sosial dan rekomendasi adalah faktor peringkat yang semakin relevan untuk mesin pencar

 

Pembayaran Untuk Penempatan

Seperti iklan PPC Google untuk pencarian, Anda dapat membayar agar video Anda direkomendasikan di YouTube.biasanya orang-orang menyebutnya program Video Promosi. Ini tersedia untuk semua pengguna YouTube.Dengan Video Promosi, Anda dapat menawar pada pencarian atau video populer, dan konten video Anda ditampilkan di samping hasil pencarian atau video lainnya. Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik untuk melihat video Anda Video Promosi adalah cara yang hemat biaya dan cepat untuk mempromosikan konten video, terutama jika kontennya topikal. Ini ditargetkan serta dikendalikan, dan bisa menjadi awal yang baik untuk VSEO.

 

Pro Dan Kontra

Memposting konten video biasa seharusnya tidak menghasilkan hal negatif, asalkan dilakukan dengan cara yang terfokus dan menarik. Yang mengatakan, pasti ada pro dan kontra dengan cara Anda memutuskan untuk mengoptimalkan konten video.

Mengingat perbedaan terus menerus dari video online menjadi dua area yang berbeda, yaitu video sosial dan video sebagai alat untuk meningkatkan peringkat pencarian, garis dapat dengan mudah menjadi kabur ke arah mana Anda menuju. Bentuk pengoptimalan video mana yang akan bekerja lebih baik ? Ke mana mengalihkan upaya Anda? Ingat bahwa pada dasarnya apa yang Anda coba lakukan adalah meningkatkan bisnis online sehingga perlu menentukan apa tujuan sebenarnya . Jika ingin mengarahkan pengguna dari mesin pencari ke situs Anda, masukkan energi Anda ke VSEO. Jika sasaran Anda adalah mendorong pengguna dari tujuan lain untuk menonton video Anda, Anda harus menekankan pada pengoptimalan media sosial (SMO).

 

Optimisasi Mesin Pencari Video

Mesin pencari menempatkan banyak penekanan pada data penggunaan dalam menentukan relevansi situs atau video dengan permintaan pencarian pengguna. Ini akan segera menjadi faktor tunggal terbesar dalam menentukan peringkat pencarian dan dalam menampilkan konten terkait. Ini akan lebih ditekankan di YouTube daripada di Google, karena pengguna mengunjungi situs untuk menjelajah. Lihatlah bab Search Engine Optimization; Konsepnya sangat penting untuk kesuksesan Anda.

 

Pengoptimalan Media Sosial

Pengoptimalan media sosial untuk video berfokus pada keterlibatan pengguna dengan konten Anda. Alih-alih melihat faktor peringkat, terutama melihat audiens Anda. Tanyakan pada diri sendiri apa yang akan mereka nikmati dan apa yang akan membuat pengalaman mereka berkesan (dan karenanya layak untuk diceritakan kembali). Anda ingin mereka menyebarkan berita, melalui email, obrolan, Twitter, Facebook, dan pada dasarnya membuat video menjadi viral. Dengan mempelajari analisis, Insight, dan komentar, Anda dapat melihat video mana di channel/situs yang menyediakan apa yang mereka cari kepada pengguna. kemudian dapat memilih untuk mengiklankan video terbaik Anda dengan berbagai format yang ditawarkan YouTube dan Google. Jumlah penayangan yang didapatkan merupakan faktor penting dalam mendapatkan peringkat atau fitur di YouTube dan, dengan mendorong konten terbaik melalui media berbayar, Anda bisa mendapatkan bola bergulir dan secara signifikan meningkatkan peluang untuk mengambil traksi organik (baik di YouTube dan SERP universal Google).

 

Ringkasan

Video telah menjadi bagian integral dari dunia online. Potensi eksposur - serta interaksi - sangat besar, dan merek yang gagal memanfaatkan risiko ini tertinggal karena pesaing membangun komunitas yang berkembang. Seperti kebanyakan konten, terserah merek untuk memutuskan bagaimana mewakili konten videonya. Video dapat di hosting di situs web berbagi video populer untuk memanfaatkan pemirsa yang sudah ada dan antarmuka yang dikembangkan, atau di situs web khusus yang memungkinkan pemerintahan bebas dalam penyesuaian. Merek kemudian harus bertujuan untuk mengoptimalkan video mereka di platform yang dipilih untuk meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari. Menciptakan komunitas yang sehat juga penting dalam meningkatkan eksposur. Sangat jarang, jika pernah, penonton datang ke konten video tanpa masukan dari pembuatnya. Selain mengoptimalkan penelusuran dan penyesuaian lainnya, merek harus mengunggah konten secara teratur atau berisiko kehilangan keuntungan yang diperoleh. Media sosial juga harus dipertimbangkan karena platformnya memungkinkan untuk berbagi konten, serta komentar. Secara keseluruhan, merek harus menyadari bahwa tidak ada perbaikan cepat untuk video. Ini membutuhkan perencanaan dan investasi serta komitmen jangka panjang untuk menciptakan duta merek.


~TERIMAKASIH~

Komentar

Postingan populer dari blog ini