Social Media Strategy

Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1

Media sosial dapat digunakan secara strategis dalam sejumlah tantangan pemasaran dan komunikasi:

1.     Manajemen komunitas

2.     Dukungan dan layanan pelanggan

3.     Manajemen reputasi

4.     Search engine optimization (SEO)

5.     Komunikasi dan penyebaran

6.     Iklan dan kesadaran

7.     Penjualan dan lead generation

8.     Wawasan dan penelitian

Manajemen Komunitas

Platform media sosial dibangun di sekitar komunitas, dan kadang-kadang merupakan representasi virtual dari jaringan dan komunitas dunia nyata. Fitur media sosial yang sama ini dapat digunakan untuk membangun dan mempertahankan komunitas di sekitar, atau didukung oleh, organisasi Anda.

Komunitas-komunitas ini umumnya terdiri dari penggemar terbesar dari organisasi itu: mereka yang merasa mereka memiliki bagian yang kuat dalam organisasi itu. Ini menciptakan lingkungan di mana para penggemar dapat berinteraksi langsung dengan organisasi, di mana organisasi dapat mengirim pesan langsung ke para fans tersebut, dan di mana organisasinya dapat memicu umpan balik tertentu dari fans.

Dukungan Dan Layanan Pelanggan

Media sosial menjadi saluran layanan pelanggan tambahan. Karena konsumen semakin nyaman melakukan transaksi online, ada harapan bahwa bisnis yang mereka lakukan juga akan menanggapi permintaan pelanggan di ruang sosial. Untuk setiap organisasi yang menjalankan komunitas sosial, layanan pelanggan sering menjadi salah satu fungsi utama untuk melayani komunitas tersebut.

Yang menarik adalah bahwa layanan pelanggan di saluran media sosial mulai menjadi kolaboratif, dengan pelanggan membantu pelanggan dan dengan demikian, mengurangi ketergantungan pada organisasi untuk dukungan. Alat dukungan kolaboratif seperti Get Satisfaction (www.getsatsfaction.com) digunakan oleh banyak organisasi untuk hasil yang besar.

Manajemen Reputasi

Manajemen Reputasi Online (ORM) berkembang seiring dengan merek dan individu menyadari bahwa kombinasi pencarian dan media sosial berarti bahwa semua menyebutkan merek atau individu hanya pencarian cepat, apakah mereka positif atau negatif. Media sosial mengacu pada berbagai media, dari gambar hingga video, hingga jaringan dan pesan berbasis teks. Dengan sedikit perencanaan dan penelitian kata kunci, merek dapat menggunakan aset sosial tersebut untuk secara efektif memegang pencarian pada nama merek mereka.

Sisi lain dari manajemen reputasi sebenarnya adalah menanggapi pernyataan sosial dari merek, apakah itu terima kasih dan pengakuan untuk menyebutkan positif, atau pengakuan dan resolusi untuk menyebutkannya negatif. Sebagian dari ini akan jatuh ke manajer komunitas, dan akan dipandu oleh protokol eskalasi Anda.

Optimalisasi Mesin Pencari (SEO)

Media sosial memainkan peran penting dalam SEO. Media sosial menyediakan aset tambahan yang dapat dioptimalkan sehingga merek dapat “milik” halaman hasil pencarian untuk merek mereka. Strategi SEO yang bijaksana juga akan menggunakan aset media sosial, tautan dan suka untuk memperkuat posisi aset web lain di halaman hasil mesin pencari.

Komunikasi Dan Penyebaran

Tidak seperti media lain, media sosial menawarkan merek saluran komunikasi dua arah yang efektif, dan saluran siaran real-time. Komunikasi dua arah ini adalah apa yang membuat komunitas sosial begitu menarik (dan menantang). Media sosial menjadi alat komunikasi publik yang sangat efektif.

Bisnis, pemerintah dan organisasi lainnya menggunakan Twitter dan Facebook untuk menyiarkan pesan tepat waktu, memungkinkan pihak-pihak yang tertarik untuk tetap diperbarui secara real-time. Ini dengan cepat menjadi aspek penting dari peristiwa berita yang berharga dan mematikan seperti pemilihan, bencana dan acara olahraga global. Banyak organisasi juga menggunakan alat media sosial untuk menyiarkan pembaruan layanan.

Iklan Dan Kesadaran

Di mana ada penonton, ada iklan. Semakin banyak orang menghabiskan waktu di media sosial, semakin banyak merek yang ingin beriklan di sana. Sebagian besar jejaring sosial menawarkan opsi periklanan, menyediakan baik untuk pengiklan kecil maupun yang besar. Ini masih ruang dinamis, karena jaringan bereksperimen dengan format dan model yang berbeda. 

Penjualan Dan Generasi Lead

Menambahkan lapisan sosial ke pengalaman komersial dapat menciptakan pengalaman yang lebih kaya bagi konsumen online. Ini dapat didasarkan secara terbuka pada koneksi sosial, atau koneksi yang disimpulkan berdasarkan perilaku.

Contoh yang sangat baik dari lapisan yang didasarkan pada koneksi yang disimpulkan adalah filtrasi kolaboratif Amazon

Komunitas sosial juga dapat menjadi Lead Generation atau Sales Generation Assets. Di dalam Facebook, misalnya, aplikasi pada halaman merek dapat memungkinkan eCommerce atau generasi lead dalam lingkungan Facebook

Insight Dan Penelitian

Media sosial dapat menjadi aset wawasan dan penelitian yang sangat kuat, tetapi informasi harus dinilai dalam konteks yang tepat. Ketika Anda merencanakan, media sosial dapat memberikan sumber data yang kaya, baik berdasarkan demografi dan preferensi.

Kita dapat menggunakan informasi yang dibagikan orang secara bebas untuk memahami lebih banyak tentang pasar, atau merek atau produk Kita. Alat ORM membantu Kitamelacak pernyataan dan sentimen, memberi Kita wawasan tentang bagaimana Kita dirasakan.

Menggunakan ORM lagi, Anda dapat mengukur perubahan mood dan volume untuk membantu Anda memahami dampak kampanye lainnya. Ini bisa menjadi iklan televisi, atau kampanye online.

Membuat Strategi Media Sosial

Media sosial adalah saluran yang bergerak cepat, yang berarti perencanaan yang tepat sangat penting untuk keberhasilan. Strategi media sosial yang sukses berasal dari pengetahuan dasar bahwa media sosial adalah saluran komunikasi dua arah: organisasi yang berinteraksi di ruang ini membutuhkan sumber daya tidak hanya untuk mendorong pesan, tetapi untuk menangani pesan yang masuk.

Risiko Dan Tantangan Media Sosial

Setiap strategi media sosial harus mempertimbangkan risiko dan tantangan dari berinteraksi dalam lingkungan ini, dan harus memasukkan protokol untuk menangani risiko ini. Adalah penting bagi pemasar untuk memahami risiko dan tantangan yang terkait dengan media sosial: kesalahan di web dapat memakan waktu lama untuk pulih dari. Beberapa risiko dan tantangan umum tercantum di bawah ini.

1.     Tidak ada yang peduli.

2.     Ruang media sosial digunakan oleh pelanggan yang tidak puas (yang bebas memposting komentar yang merendahkan).

3.     Ia memerlukan perhatian dan pengawasan yang berterusan.

4.     Mungkin sulit untuk mengukur dampak kampanye.

Perencanaan Strategi Media Sosial Adalah Dasar Keberhasilan. Berikut Adalah Salah Satu Metode Untuk Mendekati Media Sosial Secara Strategis.

1.     Dapatkan Buy-in

2.     Memahami pemandangan

3.     Analisis

4.     Menetapkan Tujuan

5.     Membuat Rencana Tindakan

6.     Implementasi

7.     Track, Analisis dan Optimalisasi

~TERIMAKASIH~


Komentar

Postingan populer dari blog ini