Social Media Strategy
Nama : Monica Cindy Amanda
Nim : 222010200104
Kelas : Manajemen 4-B1
Media sosial dapat digunakan secara strategis dalam
sejumlah tantangan pemasaran dan komunikasi:
1. Manajemen
komunitas
2. Dukungan
dan layanan pelanggan
3. Manajemen
reputasi
4. Search
engine optimization (SEO)
5. Komunikasi
dan penyebaran
6. Iklan
dan kesadaran
7. Penjualan
dan lead generation
8. Wawasan
dan penelitian
Manajemen Komunitas
Platform media sosial
dibangun di sekitar komunitas, dan kadang-kadang merupakan representasi virtual
dari jaringan dan komunitas dunia nyata. Fitur media sosial yang sama ini dapat
digunakan untuk membangun dan mempertahankan komunitas di sekitar, atau
didukung oleh, organisasi Anda.
Komunitas-komunitas ini
umumnya terdiri dari penggemar terbesar dari organisasi itu: mereka yang merasa
mereka memiliki bagian yang kuat dalam organisasi itu. Ini menciptakan
lingkungan di mana para penggemar dapat berinteraksi langsung dengan organisasi,
di mana organisasi dapat mengirim pesan langsung ke para fans tersebut, dan di
mana organisasinya dapat memicu umpan balik tertentu dari fans.
Dukungan
Dan Layanan Pelanggan
Media sosial menjadi
saluran layanan pelanggan tambahan. Karena konsumen semakin nyaman melakukan
transaksi online, ada harapan bahwa bisnis yang mereka lakukan juga akan
menanggapi permintaan pelanggan di ruang sosial. Untuk setiap organisasi yang
menjalankan komunitas sosial, layanan pelanggan sering menjadi salah satu
fungsi utama untuk melayani komunitas tersebut.
Yang menarik adalah bahwa
layanan pelanggan di saluran media sosial mulai menjadi kolaboratif, dengan
pelanggan membantu pelanggan dan dengan demikian, mengurangi ketergantungan
pada organisasi untuk dukungan. Alat dukungan kolaboratif seperti Get Satisfaction
(www.getsatsfaction.com) digunakan oleh banyak organisasi untuk hasil yang
besar.
Manajemen Reputasi
Manajemen
Reputasi Online (ORM) berkembang seiring dengan merek dan individu menyadari
bahwa kombinasi pencarian dan media sosial berarti bahwa semua menyebutkan
merek atau individu hanya pencarian cepat, apakah mereka positif atau negatif. Media
sosial mengacu pada berbagai media, dari gambar hingga video, hingga jaringan
dan pesan berbasis teks. Dengan sedikit perencanaan dan penelitian kata kunci,
merek dapat menggunakan aset sosial tersebut untuk secara efektif memegang
pencarian pada nama merek mereka.
Sisi
lain dari manajemen reputasi sebenarnya adalah menanggapi pernyataan sosial
dari merek, apakah itu terima kasih dan pengakuan untuk menyebutkan positif,
atau pengakuan dan resolusi untuk menyebutkannya negatif. Sebagian dari ini
akan jatuh ke manajer komunitas, dan akan dipandu oleh protokol eskalasi Anda.
Optimalisasi Mesin Pencari (SEO)
Media
sosial memainkan peran penting dalam SEO. Media sosial menyediakan aset
tambahan yang dapat dioptimalkan sehingga merek dapat “milik” halaman hasil
pencarian untuk merek mereka. Strategi SEO yang bijaksana juga akan menggunakan
aset media sosial, tautan dan suka untuk memperkuat posisi aset web lain di
halaman hasil mesin pencari.
Komunikasi
Dan Penyebaran
Tidak
seperti media lain, media sosial menawarkan merek saluran komunikasi dua arah
yang efektif, dan saluran siaran real-time. Komunikasi dua arah ini adalah apa
yang membuat komunitas sosial begitu menarik (dan menantang). Media sosial
menjadi alat komunikasi publik yang sangat efektif.
Bisnis,
pemerintah dan organisasi lainnya menggunakan Twitter dan Facebook untuk
menyiarkan pesan tepat waktu, memungkinkan pihak-pihak yang tertarik untuk
tetap diperbarui secara real-time. Ini dengan cepat menjadi aspek penting dari
peristiwa berita yang berharga dan mematikan seperti pemilihan, bencana dan
acara olahraga global. Banyak organisasi juga menggunakan alat media sosial
untuk menyiarkan pembaruan layanan.
Iklan Dan Kesadaran
Di mana ada penonton, ada iklan. Semakin banyak orang menghabiskan waktu di media sosial, semakin banyak merek yang ingin beriklan di sana. Sebagian besar jejaring sosial menawarkan opsi periklanan, menyediakan baik untuk pengiklan kecil maupun yang besar. Ini masih ruang dinamis, karena jaringan bereksperimen dengan format dan model yang berbeda.
Penjualan
Dan Generasi Lead
Menambahkan
lapisan sosial ke pengalaman komersial dapat menciptakan pengalaman yang lebih
kaya bagi konsumen online. Ini dapat didasarkan secara terbuka pada koneksi
sosial, atau koneksi yang disimpulkan berdasarkan perilaku.
Contoh yang sangat baik
dari lapisan yang didasarkan pada koneksi yang disimpulkan adalah filtrasi
kolaboratif Amazon
Komunitas sosial juga dapat
menjadi Lead Generation atau Sales Generation Assets. Di dalam Facebook,
misalnya, aplikasi pada halaman merek dapat memungkinkan eCommerce atau
generasi lead dalam lingkungan Facebook
Insight
Dan Penelitian
Media
sosial dapat menjadi aset wawasan dan penelitian yang sangat kuat, tetapi
informasi harus dinilai dalam konteks yang tepat. Ketika Anda merencanakan,
media sosial dapat memberikan sumber data yang kaya, baik berdasarkan demografi
dan preferensi.
Kita dapat menggunakan
informasi yang dibagikan orang secara bebas untuk memahami lebih banyak tentang
pasar, atau merek atau produk Kita. Alat ORM membantu Kitamelacak pernyataan
dan sentimen, memberi Kita wawasan tentang bagaimana Kita dirasakan.
Menggunakan ORM lagi, Anda
dapat mengukur perubahan mood dan volume untuk membantu Anda memahami dampak
kampanye lainnya. Ini bisa menjadi iklan televisi, atau kampanye online.
Membuat Strategi Media Sosial
Media
sosial adalah saluran yang bergerak cepat, yang berarti perencanaan yang tepat
sangat penting untuk keberhasilan. Strategi media sosial yang sukses berasal
dari pengetahuan dasar bahwa media sosial adalah saluran komunikasi dua arah:
organisasi yang berinteraksi di ruang ini membutuhkan sumber daya tidak hanya
untuk mendorong pesan, tetapi untuk menangani pesan yang masuk.
Risiko Dan Tantangan Media Sosial
Setiap strategi media
sosial harus mempertimbangkan risiko dan tantangan dari berinteraksi dalam
lingkungan ini, dan harus memasukkan protokol untuk menangani risiko ini.
Adalah penting bagi pemasar untuk memahami risiko dan tantangan yang terkait
dengan media sosial: kesalahan di web dapat memakan waktu lama untuk pulih
dari. Beberapa risiko dan tantangan umum tercantum di bawah ini.
1. Tidak ada yang peduli.
2. Ruang media sosial digunakan oleh
pelanggan yang tidak puas (yang bebas memposting komentar yang merendahkan).
3. Ia memerlukan perhatian dan
pengawasan yang berterusan.
4. Mungkin sulit untuk mengukur dampak
kampanye.
Perencanaan
Strategi Media Sosial Adalah Dasar Keberhasilan. Berikut Adalah Salah Satu
Metode Untuk Mendekati Media Sosial Secara Strategis.
1. Dapatkan Buy-in
2. Memahami pemandangan
3. Analisis
4. Menetapkan Tujuan
5. Membuat Rencana Tindakan
6. Implementasi
7. Track, Analisis dan Optimalisasi
~TERIMAKASIH~
Komentar
Posting Komentar